-->

10 Gunung Tertinggi di Malaysia yang Merona

gunung kinabalu

Kita semua tahu betul, gunung-gunung di Indonesia sangat menakjubkan dan keren abis, hal ini tergambar oleh tulisan saya sebelumnya yang berjudul 12 gunung terindah di Indonesia. Namun, tidak ada salahnya bila kita melangkah sedikit jauh, mencicipi keindahan berbagai macam gunung di luar negri. Selain menambah pengalaman, menyatroni gunung di luar negri pun dapat menambah wawasan. Betulkan?.

Sebelum melangkah sangat jauh, seperti mendaki gunung Everst di Nepal. Sebaiknya, kita berkenalan dulu dengan gunung-gunung yang berada di negara tetangga, yakni negri Jiran Malaysia.

Tidak bisa dianggap remeh, Malaysia pun memiliki gunung-gunung tinggi yang menyimpan keunikan alam tersendiri. Oleh karena itu, kali ini, kita akan mengetahui tentang barisan gunung tertinggi di negara Upin Ipin itu. Berikut di bawah ini.


10 Gunung Tertinggi di Malaysia yang Merona

1. Gunung Kinabalu, 4.095 mdpl


gunung kinabalu

Gelar atap Malaysia dipegang oleh gunung yang memiliki ketinggian 4.095 mdpl, bernama Kinabalu, gunung ini pun menempati urutan ke-3 dalam jajaran gunung tertinggi di Asia. Bila dibandingkan dengan puncak Jaya Wijaya, Papua. Maka gunung ini lebih rendah 789 meter.

Letaknya masih satu pulau dengan Indonesia, karena Kinabalu terletak di pulau Kalimantan, tepatnya di kota Sabah, sebuah kawasan barat Malaysia yang menempel dengan negara Indonesia.

Penduduk sekitar percaya bahwa Kinabalu merupakan bagian penting dari negera mereka, merupakan lambang kebesaran dan semangat persatuan bagi negara mereka. Dari segi mistis, mereka pun meyakini bahwa gunung ini adalah tempat bernaungnya roh para leluhur yang sudah meninggal.

Sementara, bila bermaksud mengunjungi Kinabalu, kamu tidak akan terlalu kaget. Sebab, seperti pada beberapa gunung di Indonesia, gunung Kinabalu pun sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendakian.

2. Gunung Trusmadi, 2.642 mdpl


gunung trusmadi

Gunung yang menempati urutan nomor dua ini adalah tetangganya Kinabalu, letaknya berdekatan, masih berada di kota Sabah, Malaysia. Walaupun letaknya bersandingan, namun tidak begitu dengan ketinggiannya. Trusmadi jauh lebih rendah dibanding Kinabalu, yakni hanya setinggi 2.643 mdpl.

Meskipun tidak terlalu tinggi, namun gunung ini masih dihuni oleh berbagai macam fauna, hewan-hewan buas. Jadi, bila kamu bermaksud menjamahinya, usahakan untuk membawa guide yang memahami medan di sana. Kalau tidak, keselamatanmu bisa saja terancam.

3. Gunung Tambuyukon, 2.579 mdpl


gunung tambuyukon

Masih berada di pulau Kalimantan, gunung Tambuyukon adalah salah satu dari 3 bersaudara yang masuk dalam keluarga Kinabalu Park. 2 lainnya adalah Kinabalu dan Trusmadi. Ketinggian puncaknya mencapai 2.579 mdpl. Bila kamu mendapat kesempatan untuk berpetualang di tanah Jiran, lebih baik mendaki ke tiga-nya dalam satu waktu. Menghemat biaya dan waktu.

Gunung Tambuyukon ini terletak di atas kawasan pegunungan corner yang merupakan tumpuan seluruh tanah di kota Sabah. Secara geografis, kita dapat melihat bahwa 3 gunung tersebut berjajar, dimulai dari gunung Tambuyukon, Trusmadi, kemudian gunung Kinabalu.

4. Gunung Murud, 2.423 mdpl


gunung murud

Masih menjadi bagian dari kekayaan tanah Borneo, gunung Murud juga berada di atas pulau Kalimantan. Namun, gunung ini berada cukup jauh, yakni di kawasan Sarawak. Ketinggian gunung Murud adalah 2.423 mdpl.

Sebagian penduduk Malaysia menyebutnya dengan nama Muru, mungkin hal ini disebabkan oleh cara pengucapan orang-orang di sana.

Keunikan gunung Murud terletak pada Batu Lawi-nya yang menjulang keatas, yang dapat menimbukan rasa kagum bagi siapa pun yang melihatnya. Gunung ini disebut-sebut memiliki suasana mistis yang kental dan di dalamnya, terdapat berbagai jenis buah-buahan yang aman untuk dimakan. Tertarikah kamu?.

5. Gunung Mulu, 2.376 mdpl


gunung mulu

Berada di pulau Kalimantan, gunung Mulu merupakan tetangga dari gunung Murud. Yup, Mulu terletak di daerah Sarawak dengan ketinggian 2.376 mdpl. Di Malaysia, gunung ini bagaikan primadona, sangat digemari oleh kalangan wisatawan.

Hal itu disebabkan karena di sana, terdapat sekumpulan batu-batu putih nan cantik yang menjulang ke arah langit. Tinggi rata-rata dari batu-batu tersebut mencapai 700 meter. Selain itu, gunung Mulu pun dilengkapi dengan keberadaan beberapa goa yang bersejarah. Tidak heran, UNESCO mencatat Gunung Mulu National Park, sebagai situs warisan dunia.

Sedikit membahas tentang kawasan Sarawak di Malaysia. Kawasan ini bagaikan pulau Jawa-nya Indonesia, meskipun tidak terhitung pasti, tapi di sana banyak sekali terdapat gunung. Gunung Murud dan Mulu adalah salah dua dari banyaknya gunung-gunung tersebut.

Baca juga: 7 gunung tertinggi di pulau Jawa yang sangat indah

6. Gunung Tahan, 2.187 mdpl


gunung tahan

Setelah puas dengan gunung-gunung yang berada di pulau Kalimantan, sekarang kita menuju gunung Tahan yang berada di kawasan Semenanjung, Malaysia. Masuk dalam kawasan Taman Negara, puncaknya mencapai ketinggian 2.187 mdpl.

Meskipun tidak terlalu tinggi, tapi jalur pendakian gunung Tahan termasuk yang paling sulit dan terjal. Rata-rata pendaki, harus menghabiskan waktu 4 hari untuk mencapai puncaknya. Walaupun ada juga yang baru setengah perjalanan dalam waktu 4 hari tersebut. Kebayangkan?.

7. Gunung Korbu, 2.183 mdpl

Gunung ini merupakan puncak tertinggi dari pegunung Titiwangsa yang berada di kawasan Perak Darul Ridzuan, Malaysia. Ketinggian puncaknya berada di titik 2.183 mdpl.

Untuk mencapainya, kamu tidak akan terlalu repot, gunung ini dinilai sebagai gunung dengan jalur pendakian paling mudah. Sebab, tersedia banyak jasa travel yang siap melayanimu dan jalur pendakiannya pun tidak terlalu terjal. Biasanya, gunung ini sering dijadikan pendakian pertama oleh pemula di negri Jiran.

8. Gunung Yong Belar, 2.181 mdpl


gunung young belar

Yong Belar terletak di antara 3 kawasan, yaitu Pahang Darul Makmur, Kelantan Darul Na'im dan Perak Darul Ridzuan, Malaysia. Puncak dari gunung ini memiliki ketinggian 2.181 mdpl.

Karena pemandangan alamnya yang sangat indah dan track-nya yang cukup mudah digeluti, gunung Yong Belar tidak pernah sepi dari kedatangan para pendaki. Kemungkinan, saat kamu menjamahinya, kamu akan menemukan pengalaman dan teman petualangan baru. Asik juga, kan?.

9. Bukit Batu Lawi


bukit batu lawi

Nama : Bukit Batu Lawi
Tinggi : 2.046 mdpl
Lokasi : Dataran Tinggi Kelabit, Sarawak, Malaysia (Borneo)
Merupakan bagian penting bagi sejarah mitologi kuno dan modern.

10. Gunung Bintang


gunung bintang

Nama : Mount Bintang
Tinggi : 1.862 mdpl
Lokasi : Perbatasan kawasan Kedah dan Perak, Malaysia

Baca juga: 10 misteri gunung Everest yang mengerikan

Demikian adalah barisan gunung tertinggi di Malaysia. Kira-kira, setelah membaca tulisan di atas, gunung mana nih yang paling menggodamu untuk dijamahi?. Tulis di komentar yah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel