-->

Pendakian Gunung Merbabu Via Suwanting

jalur pendakian gunung merbabu via wekas

Gunung Merbabu berada di provinsi Jawa Timur, terletak di antara 3 kabupaten, yakni kabupaten Semarang, Boyolali dan kabupaten Magelang, berdiri megah tidak jauh dari gunung Merapi, ketinggiannya sendiri mencapai 3.142 mdpl. Merupakan gunung berapi Strato, letusannya terjadi pada tahun 1560, 1797 dan tahun 2015.


Pendakian Gunung Merbabu Via Suwanting

Jalur Suwanting merupakan jalur yang paling baru di antara jalur gunung Merbabu lainnya, dibuka pada bulan Maret 2015. Meskipun menurut penuturan penduduk lokal, jalur Suwanting pernah beroperasi pada tahun 1990 - 1998. Sepanjang perjalanan, jalur satu ini menawarkan pemandangan alam yang sangat mengagumkan.

Rute Perjalanan Menuju Basecamp Suwanting

Jakarta (statsiun Pasar Senen) >> Jogja (statsiun Lempunyangan) >> (carter mobi) Terminal Giwangan >> (naik bus) terminal Magelang >> (naik bus) perempatan Blabak >> (angkutan umum warna ungu) Tlatar >> (angkutan umum warna orange) dusun Suwanting >> (naik ojeg) basecamp pendakian gunung Merbabu via Suwanting.

Tidak hanya dari Jakarta, buat kamu yang dari manapun, tujuan awalmu adalah statsiun Lempunyangan yang berada di Jogja. Seterusnya, ikuti petunjuk di atas.

Basecamp Suwanting Indah

Alamat basecamp Suwanting Indah berada di dusun Suwanting, desa Banyuroto, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Di sini kamu harus membayar SIMAKSI senilai Rp. 15.000 (pada hari biasa) dan 20.000 (di hari libur). Fasilitas di sini cukup nyaman, tersedia kamar mandi, tempat parkir, tempat istirahat dan warung.


Basecamp - Pos 1, (Lembah Lempong) 60 menit

Awal perjalanan, track masih terasa landai, pemandangan berupa ladang perkebunan milik penduduk yang terhampar luas, berbalut dengan nuansa pegunungan yang alami. Setelah berjalan sekitar 1 jam, kamu sudah sampai di pos 1, ditandai dengan terlihatnya barisan pepohonan pinus yang menawan.


Pos 1 - Pos 2 (Lembah Mitoh), 90 menit

Selepas pos 1, perjalanan berlanjut dengan menyusuri hutan pinus, kemiringan track sedikit meningkat dibanding track sebelumnya. Di tengah perjalanan, kamu akan melewati dua titik cek poin, yaitu Lembah Cemoro dan Lembah Ngerijan. Sekitar 90 menit berjalan, kamu sudah sampai di pos 2.

Berada di pos 2, kamu akan menemukan sumber air dari 2 drum yan disediakan pihak pengelola, pemandangannya juga indah, memperlihatkan gunung Merapi di kejauhan. Sebagian pendaki menjadikan pos 2 sebagai tempat mendirikan tenda, beristirahat sebelum melakukan summit attack.


Pos 2 - Pos 3 (Dampo Awang), 150 menit

Menuju pos 3, perjalanan akan semakin terasa berat, diawali dengan tanjakan dengan tingkat kemiringan yang tinggi, namun track di sini dibuat zig-zag dan disediakan tali tambang agar memudahkanmu saat menggelutinya, perjalanan ini akan membawamu pada rimbunnya hutan.

Selama perjalanan menuju pos 3, kamu akan melewati 3 titik tempat, yakni Lembah Singo, Lembah Manding dan pos Bendera yang merupakan pos bayangan. Sekitar 2,5 jam berjalan, kamu sudah sampai di pos 3, sebuah tempat dengan pemandangan indah dan menjadi tempat camp paling ideal. Sebab, di sini kamu dapat menemukan sumber air, tanah datar yang luas dan lokasinya tidak terlalu jauh dari puncak.


Pos 3 - Puncak Suwanting, 30 menit

Selepas pos 3, perjalanan selanjutnya menuju pos Suwanting, melewati 2 bukit sabana yang menyajikan pemandangan berupa luasnya rerumputan yang hijau nan elok. Sekitar 30 menit perjalanan, kamu sudah sampai di Puncak Suwanting. Nikmatilah setiap keindahan alam yang merona.


Puncak Suwanting - Puncak Triangulasi, 30 menit

Menuju puncak Triangulasi, kamu akan melewati bukit sabana kembali, karena memang, puncak gunung Merbabu dikenal memiliki 3 bukit sabana yang sangat indah, bak dalam film scene fiction. Sekitar 30 menit perjalanan, kamu akan sampai di puncak Triangulasi.


Puncak Triangulasi - Puncak Kenteng Songo, 30 menit

Setelah puncak Triangulasi, selanjutnya menuju puncak tertinggi di gunung Merbabu, yaitu puncak Kenteng Songo (3.142 mdpl). Sesampainya di puncak Kenteng Songo, kamu akan melihat serentetan batu-batu besar yang dianggap keramat oleh penduduk lokal. Keindahannya berupa hamparan alam yang sangat megah, mampu membayar setiap keluh-kesah sepanjang perjalanan.

Baca juga: 6 misteri gunung Merbabu

Estimasi Waktu Pendakian Gunung Merbabu Via Suwanting

Basecamp - Pos 1 : 60 menit
Pos 1 - Pos 2 : 90 menit
Pos 2 - Pos 3 : 150 menit
Pos 3 - Puncak Suwanting : 30 menit
Puncak Suwanting - Puncak Triangulasi : 30 menit
Puncak Triangulasi - Puncak Kenteng Songo : 30 menit

Total : 5,5 jam

Tips Pendakian Gunung Merbabu via Jalur Suwanting

  • Usahakan untuk tidak mendaki di musim hujan
  • Latihan fisik sebelum mendaki
  • Rombongan ideal adalah 6-8 orang
  • Lengkapi peralatan pendakian
  • Ucapkan salam saat memasuki kawasan Lembah Manding (menurut mitos)
  • First safety

Jalur Pendakian Gunung Merbabu Lainnya


Demikian adalah informasi tentang pendakian gunung Merbabu via Suwanting yang bisa kami sampaikan. Jangan ambil apapun darinya kecuali foto, jangan tinggalkan apapun selain jejak dan jangan membunuh apapun selain waktu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel