-->

Pendakian Gunung Slamet Via Kaliwadas, Brebes

memulai pendakian
Sumber Foto: Oney Afry
Puncaknya yang mencapai 3.428 mdpl, gunung Slamet merupakan gunung tertinggi di provinsi Jawa Tengah, serta berada pada urutan nomor 2 dalam jajaran 7 gunung tertinggi di pulau Jawa. Setelah gunung Semeru yang menempati urutan nomor satu.

Oleh karenanya, mancapai puncak gunung Slamet adalah sebuah kebanggaan bagi para pendaki. Bagaimana denganmu, apakah tertarik juga untuk menapakan kaki di tanah tertinggi Jawa Tengah ini?. Untuk menggapainya, setidaknya ada 6 jalur pendakian gunung Slamet yang bisa dipilih, di antara ialah;


Khusus dalam tulisan yang sedang kamu baca saat ini, kita akan membahas tentang...

Jalur Pendakian Gunung Slamet Via Kaliwadas

pos pendakian
Sumber Foto: Plat-G Adventure
Menurut sebagian pendaki, jalur Kaliwadas merupakan jalur pendakian paling berat di antara jalur-jalur lainnya. Terutama saat melakukan summit atack, medannya berupa batu dan pasir dengan tingkat kemiringan yang mencapai 80 derajat. Tiga langkah naik, satu langkah merosot.

Basecamp Pendakian Jalur Kaliwadas

Lokasi basecamp jalur Kaliwadas berada di dusun Kaliwadas, Desa Dawehan, Kecamatan Sirampong, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Sebelah barat daya dari puncak gunung Slamet.

Pos Pendakian

Sebelum sampai di Plawangan yang merupakan batas vegetasi dan tempat camp ideal sebelum melakukan summit atack. Ada 5 pos pendakian yang harus dilewati terlebih dahulu.

Konon menurut mitos, Plawangan merupakan gerbang menuju kerajaan ghaib. Namun, tidak usah khawatir!. Meski demikian, banyak pendaki yang tetap memilih Plawangan sebagai tempat mendirikan tenda, bakalan banyak teman deh!.

Mari kita mulai perjalanan menuju puncak tertinggi di Jawa Tengah...

Basecamp - Tuk Suci, 45 Menit

Memulai perjalanan, track masih terasa landai, medan berupa tanah padat, pemandangan berupa hamparan perkebunan sayuran milik penduduk lokal. Jangan tergesa-gesa!, karena pemandangannya layak untuk dinikmati. Kira-kira, berjalan selama 45 menit, kamu akan sampai di Tuk Suci.

Tuk Suci - Pos 1, 30 Menit

Selepas Tuk Suci, perjalanan dilanjutkan menuju pos 1. Jalanan masih belum terlalu terjal, pemandangan perkebunan sayuran digantikan dengan sebarisan pohon-pohon bambu yang menghadirkan suasana berbeda. Kira-kira, berjalan selama 30 menit, kamu bakalan sampai di pos 1, ditandai dengan keberadaan pohon besar yang berlubang di tengahnya.

Pos 1 - Pos 2, 70 Menit

Di tengah perjalanan menuju pos 2, kamu akan melewati sebuah jembatan yang bernama Taman Wlingi. Selanjutnya ada persimpangan jalan menuju Sumur Panganten yang berada di jalan sebelah kanan. Untuk menuju pos 2, pilihlah jalan sebelah kiri. Perjalanan menuju pos 2 ini membutuhkan waktu sekitar 70 menit.

Pos 2 - Pos 3, 120 Menit

Setelah melewati pos 2, harus lebih berhati-hati!, karena tanjakan demi tanjakan mulai menghadang perjalananmu. Selain itu, kamu juga akan sering menemukan jalan bercabang, ambilah jalan yang lurus, jangan pernah berbelok memilih jalanan kecil di sebelah kanan atau kiri. Sebab, jalanan itu bakalan menyesatkanmu.

Pos 3 - Pos 4, 60 Menit

Selepas pos 3, kemiringan track meningkat terus-menerus, perjalanan mulai memasuki rimbunnya hutan, pemandangan berupa barisan pohon-pohon yang menjulang megah.

Berjalan sekitar 60 menit, maka kamu akan sampai di pos 4, sebuah tempat yang bernama Igir Manis.

Pos 4 - Pos 5, 120 Menit

Perjalanan menuju pos 5, kamu harus melewati perbukitan gunung Malang yang terjal dan berkelok. Sabar, semangat dan yakin adalah 3 hal yang dibutuhkan untuk dapat melewati medan sulit ini.

Berjalan sekitar 120 menit, maka kamu akan sampai di pos 5, sebuah tempat yang bernama Igir Tjowek. Di sini, kamu akan menemukan persimpangan jalan dari arah jalur Baturaden.

Pos 5 - Plawangan, 90 Menit

Memasuki kawasan Plawangan, pemandangan akan berubah seketika, hutan rimbun akan hilang digantikan dengan pemandangan luas yang terbuka. Seperti yang sudah disebutkan di atas, Plawangan merupakan tempat ideal untuk mendirikan tenda, beristirahat sebelum melakukan summit atack untuk memburu sunrise.

Plawangan - Puncak Gunung Slamet, 120 Menit

puncak gunung slamet
Sumber Foto: Mountainers
Jalanan mulai menunjukan wajah garangnya, track terbuka yang curam, pasir dan bebatuan adalah pemandangan yang akan kamu hadapi selama 2 jam. Setelahnya, sampailah kamu di puncak gunung Slamet, nikmatilah hamparan alam yang membentang luas dan merasakan sensasi negri di atas awan.


Kalkulasi Waktu

Kaliwadas - Tuk Suci : 45 menit
Tuk Suci - Pos 1 : 30 menit
Pos 1 - Pos 2 : 70 menit
Pos 2 - Pos 3 : 120 menit
Pos 3 - Pos 4 : 60 menit
Pos 4 - Pos 5 : 120 menit
Pos 5 - Plawangan : 90 menit
Plawangan - Puncak Slamet : 120 menit

Total : 11 jam perjalanan

Tips Mendaki Gunung Slamet
  • Usahakan untuk tidak mendaki di musim hujan
  • Latihlah fisik sebelum melakukan pendakian
  • Persiapkan perlengkapan mendaki dengan sebaik mungkin
  • Rombongan paling ideal adalah 6 orang
  • Jaga perilaku dan perkataan selama pendakian
  • Naiklah pagi hari, jam 8 sampai jam 10 atau malam hari, jam 18 sampai jam 19

Demikian adalah informasi tentang jalur pendakian gunung Slamet via Kaliwadas yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel