-->

8 Fakta Pendakian Gunung Kelud Via Karangrejo

jalur pendakian gunung kelud via karangrejo

Si kecil cabe rawit, meski tidak terlalu tinggi, namun gunung Kelud masuk dalam jajaran gunung berapi paling berbahaya di Indonesia, catatan sejarah menunjukan bahwa pada 1 abad terakhir, gunung Kelud telah mengalami letusan sebanyak 30 kali. Para ahli mengatakan bahwa letusannya lebih hebat dibanding letusan gunung Merapi atau gunung Sinabung sekalipun.

Namun dibalik sejarah letusan gunung Kelud yang dahsyat, gunung satu ini masih menjadi salah satu gunung favorit di kalangan para pendaki. Sepanjang tahun, gunung Kelud selalu ramai dikunjungi oleh para pendaki gunung.

Jalur pendakiannya sendiri ada dua, yaitu jalur Talungrejo dan jalur Karangrejo. Kedua jalur tersebut dapat diakses dari kota Blitar. Menyajikan pemandangan alam yang unik pada masing-masing jalur. Sementara, khusus dalam tulisan ini kamu akan mengetahui tentang beberapa fakta pendakian gunung Kelud via Karangrejo. Berikut di bawah ini.

8 Fakta Pendakian Gunung Kelud Via Karangrejo

1. Alamat Basecamp Jalur Pendakian Karangrejo

Garis start jalur Karangrejo berada di Desa Karangrejo, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Sedangkan akses perjalanannya bisa kamu tempuh dari kota Blitar menuju perempatan Garum, kemudian dilanjut menuju kantor desa Karangrejo, dari sana, sekitar 300 meter ke arah timur, kamu akan menemukan sebuah bangunan sekolah dasar, ambilah jalan sebelah kiri, maka kamu akan sampai di basecamp Karangrejo.

2. Jumlah Pos Pendakian di Jalur Karangrejo

Sebelum mencapai puncak, bila menggunakan jalur Karangrejo, maka kamu akan melewati 5 pos pendakian terlebih dahulu. Pada masing-masing pos, kamu akan menemukan pondok yang memiliki atap, bisa kamu manfaatkan untuk berteduh dari teriknya sinar matahari.

3. Tidak Terdapat Sumber Air di Sepanjang Jalur

Sebelum memulai pendakian di jalur Karangrejo, sebaiknya mempersiapkan perbekalan air sebaik mungkin, minimal 6 liter per orang. Sebab. Sepanjang jalan pendakian, kamu tidak akan menemukan sumber air.

4. Track Paling Sadis Berada Setelah Pos 5

Selepas pos 5, kamu akan melewati sebuah lintasan yang merupakan bekas longsor, terasa licin, terlebih saat musim hujan. Maka dari itu, saat melewatinya, sebaiknya berhati-hati dan tetap konsentrasi.

5. Kabut Sering Turun Pada Jam 10 ke Atas

Pada umumnya, kabut akan turun mulai dari pukul 10:00 di sekitar pos 5, namun hal itu tidak menutup kemungkinan bila cuaca di puncak malah sedang cerah. Jika kabut yang turun sangat tebal dan membatasi jarak pandang, sebaiknya bergegas turun.

6. Tempat Mendirikan Tenda Paling Ideal

Menurut saya, tempat paling aman dan strategis ada di dua titik, yaitu pos 5 dan area camp yang berada di antara pos 5 dan puncak gunung Kelud. Kamu dapat memilih pos 5 bila ingin menyaksikan panorama alam yang indah atau area camp bila tidak ingin terlalu jauh dari puncak saat melakukan summit atack.

7. Pemandangan di Atas Puncak Gunung Kelud

Pada dasarnya, puncak tertinggi gunung Kelud adalah puncak gunung Sumbing, bila kamu ingin meneruskan pendakian ke puncak gunung Sumbing, maka diperlukan beberapa alat climbiing khusus. Sebab, jalur yang tersedia dari puncak gunung Kelud menuju puncak gunung Sumbing cukup terjal.

Sedangkan, pemandangan di puncak gunung Kelud sendiri sangatlah mengagumkan, kamu dapat menyaksikan kawah kelud dari jarak yang cukup dekat, dan menikmati hamparan alam yang sangat luas.

Baca juga: 7 misteri gunung Kelud, menguak setiap misteri di dalamnya

8. Beberapa Tips Pendakian Gunung Kelud Via Karangrejo

  • Sebelum melakukan pendakian, sebaiknya berkomunikasi dengan penduduk sekitar. Sebab, petunjuk jalan di sepanjang jalur sangat minim
  • Tidak disarankan membawa kendaraan roda 4 menuju basecamp, karena jalan yang tersedia memiliki medan yang sempit dan terjal
  • Gunakan kunci ganda, saat memarkirkan motor, baik di pos 1 ataupun di pos 4
  • Kamu dapat membawa parang untuk menebas semak belukar yang menghalangi jalur. Sebab, vegetasi hutan di sepanjang jalur cukup tertutup dan lebat
  • Berhati-hatilah dengan keberadaan pacet dan ulat bulu
  • Tetap waspada dan konsentrasi saat melakukan summit atack ke puncak Kelud
  • Tetap menjaga kebersihan gunung, selalu bawa turun sampahmu

Demikian adalah informasi tentang 8 fakta pendakian gunung Kelud via Karang Rejo, semoga dapat bermanfaat. Bila kamu merasa bahwa tulisan ini sangat bermanfaat untuk pendaki lainnya, sebaiknya bantu saya dengan membagikan tulisan ini di media sosial kesayanganmu. Caranya dengan menekan tombol sosial media yang tersedia di bawah tulisan ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel