-->

4 Jalur Pendakian Gunung Penanggungan 1.653 mdpl

jalur pendakian gunung penanggungan

Gunung Penanggungan merupakan sebuah gunung berapi yang sedang tertidur atau beristirahat, berada di perbatasan antara Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, ketinggian puncaknya mencapai 1.653 mdpl. Sebagaimana gunung Guntur di Jawa Barat, banyak para pendaki yang menyebutnya sebagai miniatur gunung Semeru. Sebab, puncak gunung Penanggungan memiliki permukaan yang tandus, seperti puncak Mahameru.




4 Jalur Pendakian Gunung Penanggungan 1.653 mdpl

Medan pendakian di gunung Penanggungan tidak berbeda jauh dengan gunung-gunung Indonesia lainnya, berupa tanjakan, turunan, jurang, lembah dan berbukit. Sedangkan lintasannya berupa pasir padat berbatu, di beberapa titik memiliki track yang terjal nan curam, rata-rata kemiringannya adalah 60-80 derajat.

Sementara, jalur yang digunakan untuk mencapai puncak gunung Penanggungan setidak ada 4 jalur pendakian, di antaranya adalah jalur Tamiajeng, jalur Jolotundo, jalur Ngoro dan jalur Trawas. Nah, tulisan yang sedang kamu baca sekarang akan me-review semua jalur tersebut. Berikut di bawah ini.



1. Jalur Pendakian Gunung Penanggungan Via Tamiajeng

Jalur Tamiajeng merupakan jalur resmi yang paling populer di kalangan para pendaki. Sebab, jarak dari basecamp menuju puncaknya relatif pendek dan memiliki pemandangan alam yang merona nan indah, meskipun kemiringan track-nya lebih menantang dari jalur lainnya. Itu bukanlah masalah.

Rute perjalanan menuju basecamp pendakian jalur Tamiajeng bisa dimulai dari Surabaya menuju Terminal Pandaan. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan ojek atau angkutan umum menuju Trawas. Letak basecamp tidak jauh dari sana, dekat dengan Universitas Ubaya Kampus 3 dan lokasi wisata air terjun Dlundung.

Sesampainya di basecamp, maka kamu dapat menikmati berbagai fasilitas yang telah tersedia, di antaranya adalah tempat parkir, warung dan kamar mandi. Sementara, biaya pendakian di gunung Penanggungan adalah Rp. 8ribu (dikasih bonus trash bag untuk menampung sampah).

Jarak dari basecamp menuju puncak sekitar 3 jam perjalanan. Siapkanlah perbekalan minum sebaik mungkin, karena di sepanjang jalur, kamu tidak akan menemukan sumber air. Berikut adalah beberapa tips pendakian gunung Penanggungan via Tamiajeng.


  1. Bila melakukan pendakian tek-tok, mulailah pendakian sepagi mungkin
  2. Tempat paling ideal untuk mendirikan adalah di puncak bayangan, lapangan di dekat puncak dan di atas puncak
  3. Berhati-hatilah saat mendirikan tenda di puncak bayangan, areanya yang terbuka, memungkinkan anging berhembus dengan kencang

2. Jalur Pendakian Gunung Penanggungan Via Jolotundo

Jalur Jolotundo merupakan sebuah jalur pendakian gunung Penanggungan yang lebih panjang dari jalur Tamiajeng, maka otomatis track di dalamnya juga lebih landai. Sesuatu yang menarik di jalur ini adalah terdapatnya situs-situs sejarah di sepanjang perjalanan. Oleh karenanya, selain para pendaki gunung, para ahli keolog dan ahli sejarah pun sering terlihat mondar-mandir di jalur Jolotundo.

Pintu pendakian via Jolotundo berada di Desa Trawas, Kabupaten Mojokerto, berjarak sekitar 30 menit dari basecamp pendakian jalur Tamiajeng. Oleh karenanya, rute perjalanan menuju basecamp Jolotundo tidak berbeda jauh dengan rute perjalanan menuju basecamp Tamiajeng yang sudah saya sampaikan di atas.

Perjalanan dari basecamp Jolotundo menuju puncak gunung Penanggungan akan memakan waktu sekitar 4,5 jam. Tidak ada sumber air di sepanjang perjalanan, dan akan melewati 5 bangunan candi, di antaranya adalah candi Bayi, candi Putri, candi Putra, candi Gentong dan candi Sinta.

Berikut adalah beberapa tips pendakian gunung Penanggungan via Jolotundo;


  1. Selain air hujan, kamu tidak akan menemukan sumber air di sepanjang perjalanan. Oleh karenanya, persiapkan perbekalan minum dengan sebaik mungkin
  2. Bila hendak melakukan pendakian lintas jalur, maka tempat mendirikan tenda yang paling ideal adalah di lapangan dekat puncak
  3. Apapun alasannya, jangan pernah merusak setiap situs sejarah di sepanjang jalur

3. Jalur Pendakian Gunung Penanggungan Via Ngoro

Jalur pendakian gunung Penanggungan selanjutnya adalah jalur via Ngoro, sebuah jalur yang dikenal lebih berat dari jalur Jolotundo dan lebih panjang dari jalur Tamiajeng, pintu pendakiannya berada di Kabupaten Mojokerto, sebelah utara gunung Penanggungan.

Rute menuju basecamp Ngoro bisa ditempuh dari terminal Mojokerto atau Pandaan, dari dua tempat tersebut, kamu dapat naik minibus untuk sampai di Desa Ngoro, kemudian dengan menggunakan angkutan desa, kamu bisa menuju Desa Jedong dan dilanjut menuju Dusun Genting. Jarak dari Desa Ngoro menuju basecamp sekitar 9km.

Medan yang akan dilalui, dari basecamp menuju puncak, didominasi oleh tanah setapak, melewati candi Wayang dan terdapat sebuah tanjakan sadis yang memiliki kemiringan hingga 80 derajat.

Berikut adalah beberapa tips pendakian gunung Penanggungan via Ngoro;


  1. Usahakan untuk tidak melakukan pendakian di musim hujan
  2. Jangan sepelekan keselamatan, gunakanlah perlengkapan yang safety, semisal sepatu gunung dan pakaian lapangan
  3. Bila hendak melakukan pendakian tek-tok, mulai sepagi mungkin
  4. Bila cuaca tidak memungkinkan untuk sampai di puncak, turunlah kembali, jangan mamaksakan keadaan

4. Jalur Pendakian Gunung Penanggungan Via Trawas

Jalur pendakian gunung Penanggungan selanjutnya adalah jalur via Trawas, cukup populer di kalangan para pendaki maupun para wisatawan. Sebab, di sekitar basecamp, terdapat beberapa tempat wisata alam. Jadi, untuk menemukan basecamp Trawas tidaklah terlalu sulit, kamu hanya cukup mencari kantor BRI Trawas, letaknya tidak jauh dari sana.

Jarak dari basecamp menuju puncak sekitar 4 jam perjalanan, medan didominasi oleh tanah setapak, melewati 4 pos pendakian, jarak dari masing-masing pos tidaklah terlalu jauh. Selanjutkan akan melewati puncak bayangan yang merupakan tempat paling ideal untuk mendirikan tenda. Sebab, selain areanya yang luas, saat malam hari, dari pos bayangan kamu dapat menyaksikan pemandangan hamparan kota yang berhiaskan lampu.


Puncak Gunung Penanggungan



Puncak gunung Penanggungan memiliki area yang cukup luas nan terbuka, pemandangan yang bisa kamu nikmati saat berhasil mencapainya adalah gugusan puncak gunung Semeru, gunung Arjuno dan gunung Welirang.

Sumber gambar: http://www.dinata.my.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel