-->

Pendakian Gunung Puntang, Menggapai Puncak Mega

pendakian gunung puntang
Sumber gambar: Komunitas Semut

Mendaki gunung merupakan kegiatan outdoor yang sangat mengasikan, selain mengenal alam dari dekat, kamu pun dapat memahami kemampuan diri sendiri, mengenalnya lebih dalam lagi. Tentu saja kegiatan ini membutuhkan gunung yang akan didaki.



Nah, buat kamu yang merasa masih pemula dan bertempat tinggal di sekitaran Bandung, ada sebuah gunung yang tidak terlalu tinggi, namun memiliki pemandangan alam yang sangat indah nan mempesona. Ia adalah gunung Puntang.

Sebuah gunung yang berada di Kota Banjaran, Bandung Selatan, Jawa Barat, merupakan bagian dari pegunungan Malabar yang meliputi gunung Haruman, gunung Wayang, gunung Batu dan gunung Puntang. Puncak gunung Puntang memiliki ketinggian 2.223 mdpl, sedangkan puncak Malabar memiliki ketinggian 2.343 mdpl, menempati urutan ke-7 dalam jajaran puncak tertinggi di Jawa Barat.


Pendakian Gunung Puntang, Menggapai Puncak Mega



Dalam tulisan kali ini, saya akan melaporkan informasi tentang pendakian gunung Puntang, mencapai puncak Mega (nama dari puncak gunung Puntang). Termasuk di dalamnya adalah akses jalan, lokasi pintu masuk dan kondisi jalur, berikut di bawah ini.

Rute Perjalanan Menuju Basecamp Pendakian Gunung Puntang

Bila kamu datang dari arah Jakarta, sekeluarnya dari pintu Tol Kopo, ikutilah jalan menuju Soreang terlebih dahulu, sesampainya di Soreang, ikutilah jalan menuju Banjaran. Aksesnya sangat mudah karena di pinggiran jalan raya, kita bisa menemukan plang-plang penunjuk arah, terlebih bila kamu menggunakan GPS di Google Maps.

Sementara bila datang dari arah Garut atau pintu tol Cileunyi, kamu dapat keluar dari pintu Tol Buah Batu, kemudian mengikuti jalan menuju Banjaran dan dilanjutkan menuju Pangalengan, sebelum Pangalengan, maka kamu akan menemui sebuah pertigaan, ambilah jalan sebelah kiri untuk sampai di gerbang wisata gunung Puntang yang berada setelah Taman Bogenvile.

Lokasi Basecamp



Alamat: Desa Puntang, Kecamatan Cimaung, Banjaran, Bandung Selatan Jawa Barat. Sekitar 29km dari pusat kota Bandung dan 18km dari Soreang.

Perizinan

Basecamp pendakian gunung Puntang berada di lokasi perkemahan, tiket masuk (Rp. 22.500 per orang) dan bayar parkir (Rp. 10.000) bisa dibayar saat kamu memasuki pintu gerbang bumi perkemahan gunung Puntang.

Track Pendakian

Meski ketinggian puncak gunung Puntang tidak terlalu tinggi, namun kita tidak boleh menganggapnya remeh. Di sepanjang perjalanan, kamu akan melewati beberapa tanjakan sadis, medan didominasi oleh tanah setapak. Bila melakukan pendakian di musim hujan, sudah pasti jalur pendakian akan sangat licin.

Sebelum mencapai puncak, kita akan melewati 4 pos pendakian, yang dimulai dari pos 4, kemudian pos 3,2 dan 1, terbalik dengan jalur pendakian lainnya.

Berhati-hatilah saat mendekati puncak, karena track pendakian di kawasan tersebut sangat curam, jalur diapit oleh jurang di sebelah kanan dan kiri. Serta sering turun kabut yang menghalangi jarak pandang.

Pemandangan di Sepanjang Jalur

Pemadangan di awal-awal pendakian, kamu akan melewati perkebunan milik warga setempat, kemudian disambung dengan hutan pepohonan pinus dan dilanjutkan dengan hutan hujan tropis yang cukup rapat. Saat mendekati puncak, pemandangan akan lebih terbuka, terlihat beberapa bebatuan besar yang gagah dan mengagumkan.

Tips Pendakian Gunung Puntang



  • Usahakan untuk tidak mendaki di musim hujan, karena jalur akan sangat licin dan rawan longsor
  • Masuklah kawasan gunung Puntang lewat jalur resmi agar mendapatkan informasi terkini dari pihak pengelola
  • Lengkapilah persediaan air minum sebaik mungking. Sebab, di sepanjang jalur tidak ada sumber air
  • Bila kondisi tidak memungkinkan sebaiknya langsung turun, tidak memaksakan untuk sampai di puncak

Demikian adalah informasi tentang pendakian gunung Puntang yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat dan salam lestari. Kamu juga dapat membaca 7 misteri gunung Puntang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel