-->

12 Gunung Terindah di Indonesia yang Menunggumu Untuk Didaki,

untuk didaki

Terlahir di Indonesia adalah sebuah takdir yang harus kita sukuri. Tanpa meminta, tuhan telah memilih kita untuk menempati sebuah negri dengan keindahan alam yang mempesona, indah, cantik, merona dan tak terbatas. Dari Sabang sampai Meroke, berbaris pulau-pulau dengan aneka ragam pemandangan sorga.



Terlebih untuk kamu yang senang bertualang di alam bebas, mendaki gunung, menikmati sajian alam hijau seluas mata memandang. Indonesia memiliki ratusan gunung, masuk dalam jajaran garis cincin api, orang-orang menyebutnya dengan sebutan 'Vulcano Country', negri gunung berapi. Sungguh, sebuah takdir yang sangat patut disukuri.

Baca juga: 4 tingkatan status gunung berapi di Indonesia yang menceritakan beberapa gunung berapi di Indonesia.

Memiliki pemandangan yang super canggih dan mengagumkan, beberapa dari ratusan gunung yang terletak di Indonesia, menjadi biduan di kalangan para pendaki. Gunung apa sajakah itu?, kami telah merangkumnya dalam tulisan di bawah ini.




12 Gunung Terindah di Indonesia yang Menunggumu Untuk Didaki

12. Gunung Patuha, Jawa Barat


gunung patuha

Berada di Kab. Bandung, Jawa Barat, memiliki ketinggian 2.386 mdpl, menempati urutan nomor 6 dalam jajaran gunung tertinggi di Jawa Barat. Mungkin namanya terdengar asing, namun keberadaan Kawah Putih di salah satu sudutnya, menjadikan gunung Patuha sebagai primadona di kalangan wisatawan manca negara. Bahkan, banyak band terkenal yang memilih Kawah Putih sebagai tempat suting video klip mereka.

Kawah putih sendiri merupakan hasil dari letusan gunung Patuha yang terjadi pada abad ke-10. Pemandangannya sangat elok, kamu dapat melihat negri dongeng di sana, sebuah kawah dan dinding megah berupa tebing yang berwarna putih.

11. Gunung Kerinci, Jambi


gunung kerinci

Memiliki ketinggian 3.805 mdpl, gunung Kerinci merupakan gunung tertinggi di pulau Sumatera dan gunung berapi paling tinggi di Indonesia, masuk dalam wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), menjadi habitat badak Sumatera dan harimau. Tentunya, menjadi tempat pelindungan atau pengembang biakan dari ke-2 hewan tersebut.



Saat menginjakan kaki di atas puncaknya, maka kamu dapat melihat pemandangan hamparan kota Jambi, Bengkulu dan kota Padang, serta birunya Samudera Hindia yang luas nan menakjubkan. Gunung Kerinci pun memiliki kawah besar yang berwarna kebiruan, mirip dengan kawah Ijen di gunung Ijen.

10. Gunung Gede, Jawa Barat


gunung gede

Memiliki tinggi 2.750 mdpl, berada di Kab. Cianjur, Bogor dan Kab. Sukabumi, Jawa Barat . Selain kemegahan puncaknya, Gede juga memiliki segudang tempat indah lainnya, semisal Telaga Biru, Kandang Batu, Air Terjun Cibereum dan Alun-Alun Surya Kencana yang merupakan tempat favorit bagi pendaki gunung. Alun-Alun Surya kencana sendiri merupakan padang savana seluas 50 hektar yang dihiasai oleh hamparan bunga Edelweis yang sangat cantik.

9. Gunung Pangrango, Jawa Barat

Gunung Pangrango merupakan tetangga terdekat gunung Gede, saking dekatnya, sehingga banyak orang yang menganggap bahwa gunung Gede dan Pangrango adalah satu gunung yang sama. Mereka memanggilnya dengan sebutan gunung Gede Pangrango.

Baca juga: jalur pendakian gunung Gede Pangrango via gunung Putri, lengkap dengan estimasi biaya dan perkiraan waktu.

8. Gunung Tambora, Sumbawa

gunung tambora

Gunung Tambora terkenal dengan kalderanya yang terbentuk sebab letusan dahsyat pada tahun 1815 yang mengakibatkan Tambora kehilangan puncaknya. Kaldera itu disebut-sebut sebagai yang terbesar dan terindah di Indonesia. Rasanya, saya akan berdosa bila tidak melibatkan gunung Tambora dalam tulisan kali ini.

7. Gunung Ijen, Jawa Tengah


gunung ijen

Terletak di perbatasan antara Kab. Bondowoso dan Banyuwangi, Jawa Timur. Ketinggiannya mencapai 2.443 mdpl, masih lebih rendah bila dibanding gunung Merapi yang terletak di sebelahnya, sehingga gunung Ijen adalah pilihan tepat untuk pendaki pemula.

Keindahan gunung Ijen terletak pada kawahnya yang sangat terkenal seantreo jagad alam, yang bernama kawah Ijen. Apa keunikannya?, setiap pukul 2 sampai 4 shubuh, api di dasar kawah Ijen akan berwarna biru, memperlihatkan keindahan yang mempesona, orang-orang menyebutnya dengan sebutan fenomena 'Blue Fire'. Sebuah keunikan yang tidak akan kamu temukan di gunung mana pun selain Ijen.

7. Gunung Kelimutu, NTT


Terletak di Kab. Ende, pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Penduduk sekitar meyakini bahwa Kelimutu selalu memberikan kesuburan pada tanah sekelilingnya, hal ini tergambar dari rimbunnya pepohonan, termasuk pohon pinus, kayu merah dan pohon casuarinas, yang mengelilingi gunung Kelimutu.

Kelimutu sendiri memiliki arti 'Keli' berarti gunung dan 'Mutu' berarti mendidih.

Keunikan gunung Kelimutu terdapat pada danau Kelimutu yang berada di puncaknya. 3 danau yang memiliki 3 warna berbeda, danau Tiwu Nuwa Muri Koo Fai berwarna biru, Tiwu Ata Polo berwarna merah dan Tiwu Ata Mbupu dengan warna putih.

6. Gunung Bromo, Jawa Timur


gunung bromo

Bromo merupakan destinasi wisata unggulan Jawa Tengah, pemerintahan di sana tidak tanggung mempromosikan Bromo. Sebab, panorama alamnya yang sangat memukau dan sudah dilengkapi dengan berbagai fitur berwisata.

Bila menjelejahinya, kamu akan disuguhi dengan pemandangan punggung gunung Semeru, sunrise yang merona, padang pasir yang luas nan mengagumkan dan bisa mengelilinya dengan menunggangi kuda atau mobil Jeep. Ketinggiannya adalah 2.329 mdpl.

5. Gunung Papandayan, Jawa Barat


gunung papandayan

Kembali lagi ke provinsi Jawa Barat, kali ini ada gunung Papandayan yang terletak di Kab. Garut. Dengan ketinggian 2.665 mdpl, gunung ini menyajikan pemandangan alam yang cukup lengkap. Mulai dari perkomplekan kawah, Pondok Saladah, hutan mati dan Tegal Alun, tempat kamu bisa menikmati hamparan bunga Edelweis.

Terlepas dari harga tiket yang cukup mahal, gunung Papandayan masih menjadi tujuan favorit di kalangan para pendaki.

4. Gunung Prau, Jawa Tengah

Para aktifis alam bebas mengklaim bahwa gunung Prau adalah tempat menyaksikan sunrise terindah di Asia Tenggara. Mungkin, bila pernah menyaksikannya, kamu akan setuju dengan pendapat tersebut.

Puncaknya setinggi 2.565 mdpl, saat mencapainya, kamu bisa menikmati pemandangan indah berupa penampakan gunung Sindoro dan Sumbing. Serta hamparan awan yang akan membuatmu terkagum.

Baca juga: 6 jalur pendakian gunung Prau

3. Gunung Cartenz atau Jaya Wijaya, Papua


gunung jaya wijaya

Sampai saat ini, gunung Jaya Wijaya masih menjadi buronan di kalangan pendaki, selalu diburu. Tidak hanya menjadi gunung tertinggi di Indonesia, Gunung ini juga memiliki keunikan tersendiri, yaitu keberadaan salju di puncaknya.

Padahal, hukum alam mengatakan bahwa mustahil terdapat salju di daerah tropis semisal Indonesia. Tapi, Jaya Wijaya berdiri megah dengan tumpukan saljunya, seakan kebal dengan hukum alam tersebut. Ketinggian Jaya Wijaya adalah 4.884 mdpl.

2. Gunung Rinjani, Lombok


gunung rinjani

Dengan ketinggian mencapai 3.726 mdpl, gunung Rinjani adalah gunung tertinggi di Indonesia pada urutan ke-3. Keindahannya sudah tidak perlu diperdebatkan, banyak penghargaan dunia yang diraihnya. Saking indahnya, sutradara Fajar Bustomi tidak ragu memilihnya untuk dijadikan tempat suting film pendakian Romeo dan Rinjani.

Selain keindahan puncaknya, gunung Rinjani memiliki destinasi wisata yang kumplit, mulai dari pemandian air panas, air terjun, goa, danau Segara Anak. Ibaratkan, sekali tepuk 5 lalat yang kena. Sekali jalan, banyak destinasi yang bisa kita jamahi.

1. Gunung Semeru, Jawa Timur


gunung semeru

Selain menyandang gelar gunung tertinggi di pulau Jawa, Semeru pun dikenal memiliki banyak kisah di dalamnya, termasuk kisah meninggalnya Soe Hok Gie di puncak Mahameru. Ketinggian puncak Mahameru mencapai 3.676 mdpl.



Saat menjamahinya, kamu dapat merasakan sensasi yang amat luar biasa. Mulai mengitari padang savana, menyaksikan keindahan danau Ranu Kumbolo, kegagahan puncak Mahameru, cantiknya Oro-oro Ombo yang dihiasi bunga Lavender. Dengan semua keindahan yang menyelimutinya, wajar saja bila Semeru menjadi pusat perhatian para pecinta ketinggian.

Demikian adalah 12 gunung terindah di Indonesia, yang keindahannya bak sorga. Setelah membacanya, semoga tulisan sederhana ini dapat memberimu ide, gunung mana dulu nih yang akan dinikmati?.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel