-->

Cara Membuat Simpul Gelang Prusik, Pola Sederhana dan Kobra

cara membuat simpul gelang prusik

Saat mengunjungi toko outdoor, apakah kamu pernah melihat gelang yang dibuat dari tali prusik atau paracord?. Karena bagus dan sangat matching dengan kostum pendakian, kemudian kamu ingin membeli dan memiliki gelang tersebut. Namun, harga yang ditawarkan cukup mahal, sehingga kamu ingin bisa membuatnya sendiri.



Selain menghemat pengeluaran, membuat gelang prusik sendiri pun dapat mengasah kreatifitasmu dan tentu, lebih membanggakan!. Sebelum mengetahui cara membuat gelang dari tali prusik, bagaimana bila kita mengetahui terlebih dahulu tentang asal-usul tali prusik.

Sejarah atau Asal-Usul Tali Prusik



Saat terjadinya perang dunia ke-2, karena ringan dan kuat, tali prusik dipilih sebagai tali parasut milik para tentara. Karenanya, kalangan militer menyebutnya dengan sebutan 'tali parasut'.

Usai perang dunia ke-2, penggunaan tali prusik semakin merambah luas, selain digunakan untuk kebutuhan militer, tali ini juga digunakan untuk kegiatan medis, berburu dan kegiatan outdoor, semisal hiking, mountainering, camping atau pramuka. Semakin hari, semakin luas juga kegunaan tali parasut ini, termasuk sebagai aksesoris gelang yang sering digunakan oleh pecinta alam atau pendaki gunung.

Baca juga: 33 perlengkapan mendaki gunung

Harga Tali Prusik

Terakhir membelinya di toko outdoor, harga tali prusik adalah 5 ribu per meter dan 110 ribu per 32 meter.

Baca juga: 8 sepatu gunung murah dan berkualitas


Cara Mudah Membuat Gelang Prusik

Masuk pada bagian inti, yaitu ulasan tentang cara membuat gelang survival dari tali prusik. Gelang ini tidak hanya digunakan sebagai kasesoris, namun bisa juga digunakan sebagai alat keselamatan, atau survival di atas gunung. Bagaimana caranya?, simak langkah-langkah dibawah ini.

Gelang Prusik Sederhana


pola sederhana

Gelang pertama yang akan kita buat adalah gelang prusik sederhana, yaitu cara paling mudah dan pola ikatannya tidak terlalu rumit. Sebelum membuatnya, silakan siapkan terlebih dahulu bahan-bahan di bawah ini.

  • Tali prusik (2,5 meter dengan diameter 1/8 inci)
  • Korek api
  • Gunting
  • Penjepit
  • Papan
  • penggaris

Langkah-Langkah


#1. Memotong paracord

memotong tali

Guntinglah tali prusik sepanjang 2,5 m. Biasanya, setiap 30 cm tali akan menjadi 1 inci gelang. Kemudian, cari titik tengah dengan menempelkan 2 ujung tali.


#2. Masukanlah Titik Tengah ke Dalam Penjepit

Sesudah menemukan titik tengah, sekarang kita dapat mengukurkan tali pada lengan kita dan menjepitnya dengan jepitan yang sudah kita siapkan. Saat mengukur, usahakan jangan terlalu pas, longgarkan sedikit agar tanganmu nyaman saat menggunakannya.


#3. Tempelkan Jepitan Pada Papan

Agar mudah saat merajut, tempelkanlah jepitan pada papan, bisa memakai paku atau solasi


#4. Mulailah Menyimpul

mulai menyimpul

Untuk memudahkanmu, simaklah video tentang cara merajut gelang prusik sederhana di bawah ini.



#5. Merapikan Ujung Tali

merapikan ujung tali

Setelah selesai merajut, sekarang saatnya merapikan ujung tali dengan membakarnya menggunakan korek yang tersedia. Selesai!

Gelang Prusik Kobra
pola king kobra

Gelang ke-2 adalah gelang prusik yang memiliki pola seperti ular kobra, karenanya gelang ini disebut dengan 'gelang prusik kobra'.

Bahan-Bahan

  • Tali prusik (dua warna berbeda)
  • Korek api
  • Gunting
  • Papan
  • Penjepit

Langkah-Langkah


#1. Menggunting Tali Prusik

pola kobra

Guntinglah satu tali dengan ukuran pergelangan tanganmu, longgarkan sedikit, sekitar 5 cm. Kemudian, gunting juga tali satunya, untuk pengikat luar, dengan panjang sekitar 2 meter.


#2. Mulai Merajut

Sebelum merajut, lakukanlah langkah-langkah yang telah diulas pada cara membuat gelang prusik sederhana. Berikut adalah video cara merajut dengan pola kobra.



Selesai merajut, rapikanlah ujung tali dengan membakarnya memakai korek. Selesai!.



Baca juga: 11 peralatan survival yang akan membantumu saat tersesat di atas gunung

Demikian adalah cara membuat simpul gelang prusik, pola sederhana dan kobra, yang bisa kamu gunakan untuk aksesoris dan kebutuhan survival. Selamat berkreatifitas dengan gelang tali prusik buatanmu. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel